Triandika Weblog Rotating Header Image

Jelajah Alam di Sekitar Cikole Jayagiri Resort

Keindahan panorama alam Kota Bandung dan kawasan sekitarnya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kawasan ini dikenal memiliki banyak tempat wisata alam menarik, seperti Kawah Putih Gunung Patuha, Kebun Teh Ciater, Taman Hutan Dago Pakar, Situ Patenggang, dan Curug Dago.

Salah satu kawasan yang terkenal memiliki panorama dan tempat wisata alam menarik di sekitar Bandung adalah Lembang. Lembang merupakan kawasan yang berada pada ketinggian sekitar 1.312 sampai 2.084 meter di atas permukaan laut. Daya tarik utama tempat ini tentu saja Gunung Tangkuban Perahu.

Di Lembang, terdapat sebuah resor asri bernama Cikole Jayagiri Resort. Bagi Anda yang berkesempatan untuk mengunjungi Bandung dan berlibur di daerah Lembang, tempat ini adalah pilihan yang tepat untuk menginap dan menghabiskan masa liburan di Bandung.

Cikole Jayagiri Resort merupakan penginapan berkonsep alami. Berlokasi di kawasan hutan hijau milik Perhutani, resor ini menawarkan sensasi menginap di cottage-cottage kayu yang dikelilingi rimbun pepohonan pinus dan suasana hutan yang menenangkan.

Harga sewa kamar atau cottage di resor ini berkisar antara 300 ribu sampai 2.2 juta per malam, tergantung tipe dan jenis cottage nya. Agar lebih praktis, kita dapat memesan kamar di Cikole Jayagiri Resort melalui situs ini dan mendapatkan tawaran potongan harga yang menarik. Tentu kita juga bisa membandingkan dengan layanan serupa sebagai bagian tips travelling.

Selain menawarkan sensasi penginapan di cottage tengah hutan, resor asri ini juga dikelilingi banyak tempat wisata menarik, di antaranya adalah:

1. Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park merupakan tempat wisata berupa wahana uji nyali dan keberanian. Di tempat ini, para wisatawan diajak bertualang menjelajahi hutan lewat udara melalui permainan flying fox.

Panjang lintasan flying fox di Treetop Adventure Park sekitar 160m dengan ketinggian 20m dari permukaan tanah untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak lintasan hanya dibuat setinggi 2m. Keren kan? hehe

Soal keamanan, jangan khawatir. Setiap peralatan permainan dan keselamatan wahana flying fox ini sudah diuji kualitasnya dengan prosedur keamanan berstandar tinggi yang katanya diawasi technical advisor langsung didatangkan dari Perancis.

Saat bermain, anak-anak juga akan mendapatkan bimbingan dari para guide yang bertugas di atas maupun bawah wahana flying fox tersebut. Sebelum bermain, pengunjung akan mendapatkan pengarahan singkat tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika meluncur.

Harga tiket untuk bermain di Bandung Treetop Adventure Park

a. Turis Lokal:
– Dewasa : Rp180.000,-
– Anak: Rp125.000,-
– Family (untuk 2 dewasa dan 2 anak): Rp480.000,-

b. Turis Mancanegara:
– Dewasa: USD 20
– Anak: USD 14

Harga tiket itu sudah termasuk 8 level lintasan yang meliputi 88 rintangan, 24 jalur flying fox, asuransi, sewa peralatan keamanan, dan air mineral. Lumayan kan?

2. Gunung Tangkuban Perahu

Bandung Tangkuban Perahu

Konon, Gunung Tangkuban perahu adalah sebuah perahu yang dibangun oleh seorang pemuda untuk Dayang Sumbi, perempuan yang dicintainya. Pemuda tersebut tidak sadar bahwa perempuan yang ia cintai adalah ibu kandungnya sendiri.

Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi aktif yang berlokasi sekitar 4,27km dari Cikole Jayagiri Resort. Selain sejarah dan legenda kontroversial dibalik terbentuknya gunung ini, daya tarik utama Gunung Tangkuban Perahu adalah kawah belerang dan kawasan hutan lindung yang mengelilingi gunung. Tentu lebih dekat dari Jakarta untuk berkunjung ke kawah belerang disini dibanding kawah di kawasan Bromo.

Jika kita berkunjung ke sini, sebaiknya gunakan pakaian dan jaket yang tebal. Suhu udara di kawasan ini termasuk rendah. Pada siang hari suhu udara berada pada kisaran 17°C, sedangkan malam hari bisa turun hingga 2°C.

Tercatat ada tiga kawah utama di Gunung Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Paguyangan Badak, Kawah Upas, Dan Kawah Ratu. Untuk bisa menjelajahi semua kawah, sebaiknya datang lebih pagi. Karena terbentang luas, kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam agar bisa melihat semua kawah.

Jangan lupa untuk menggunakan masker dan sepatu yang nyaman. Karena termasuk gunung aktif, bau belerang masih sangat menyengat di sini. Jika terlalu banyak menghirup aroma belerang, biasanya akan merasa pusing dan mual.

Tarif masuk ke gunung ini antara 20 sampai 30 ribu untuk turis lokal dan 200 sampai 300 ribu bagi turis mancanegara.

3. De Ranch Lembang

Bandung De Ranch

Rasakan sensasi menjadi koboi sehari saat berwisata ke De Ranch Lembang. De Ranch merupakan tempat wisata unik yang berlokasi di dataran tinggi Lembang sekitar 4,47km dari Cikole Jayagiri Resort.

Di tempat wisata ini, pengunjung diajak menjelajahi setiap sudut De Ranch dengan menunggangi kuda dan mengenakan atribut koboi seperti topi, pakaian, serta sepatu. Selain itu, di tempat ini kita bisa belajar banyak hal mulai dari cara merawat kuda, memerah susu sapi, sampai latihan membuat kue khas De Ranch.

De Ranch Lembang memang sebuah tempat wisata yang tepat untuk keluarga. Disana bisa mengajak anak-anak untuk berlibur sekaligus belajar banyak hal baru di sini. Tidak heran jika De Ranch menjadi tempat liburan favorit dan banyak dikunjungi para wisatawan baik dari dalam kota maupun luar Kota Bandung.

Tiket masuk De Ranch sekitar 5 ribu untuk weekday dan weekend, sudah mendapatkan segelas susu sebagai welcome drink. Tiket ini belum termasuk tiket masuk ke wahana-wahana permainan dan edukasi di De Ranch.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk berlibur dan menghabiskan masa liburan Anda di Lembang dan menginap di cottage Cikole Jayagiri Resort? Bandung memang tidak punya pantai seperti Banten, tapi selalu menawarkan tempat wisata dan penginap yang eksotis. Jangan lupa ajak keluarga dan orang tercinta saat liburan yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan ini. Selamat berlibur! 🙂

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player