Triandika Weblog Rotating Header Image

City Tour Lombok: Narmada dan OJI art shop

Setelah beach tour dan mountain tour, ada baiknya anda juga menikmati kota Mataram. Kami ‘hanya’ berkesempatan mengunjungi dua tujuan wisata di Kota Mataram yakni Taman Narmada dan OJI Art Shop di Desa Lelede, Banyumulek.

Narmada adalah nama yang sangat familiar ketika anda berkunjung ke Lombok, karena semua air botol mineral di hotel maupun di jalanan didominasi oleh Merk Narmada, sebuah air kemasan produk lokal. Bagus, katanya mereka cinta produk lokal (semoga saja saham nya ujung-ujung nya tidak dimiliki oleh ‘pemain’ yang sama hehe).

Narmada

Rumah Pengamatan di Narmada

Taman Narmada dulu nya merupakan sebuah taman kerajaan, lebih khusus lagi adalah tempat para putri mandi menggunakan air sumber dari gunung yang muncul di teman tersebut. Terdapat balai dari ketinggian untuk tempat Raja melihat para putri nya mandi di kolam pemandian. Unsur-unsur sakral terutama bagi penganut Hindu masih ada, misal nya masuk ke bangunan tempat muncul nya mata air tersebut harus memakai sarung tertentu.

Rumah Mata Air Narmada

Rumah Mata Air Narmada

Selain pemandian zaman dulu yang sekarang menjadi semacam kolam ikan, terdapat kolam renang modern dengan harga yang sangat terjangkau. Air nya dingin masih alami karena dari dari gunung. Tedapat juga tempat ibadah Hindu yang masih aktif digunakan hingga sekarang.

Secara umum taman Narmada sangat sejuk, dengan sentuhan bangunan2 tradisional yang masih terjaga. Bagi pengunjung bukan asli lokal, sebaiknya tidak perlu menerima tawaran guide karena semua keterangan bisa dibaca di papan di depan lokasi bangunan. Kami makan siang sate khas Lombok dengan lontong dan daging campur jerohan.

Sebelum ke Narmada, kami sebenarnya mampir ke Art Shop AJI di Desa Banyumulek, cukup dekat jalan by pass Kota Mataram dari dan ke Airport. Di desa ini banyak yang membuat kerajinan tangan berbasis tanah liat. Art shop ini selain menampung dan memasarkan hasil kerajian, juga menjadi showcase membuat kerajinan dari tanah liat tersebut. Tanpa mesin, tanpa cetakan, dan alat diputar dengan tangan duduk di bangku bawah (bukan duduk pakai kursi di meja).

OJI Art Shop Banyumulek

OJI Art Shop Banyumulek

Parkir nya luas, kerajinan nya juga sangat bagus-bagus, kualitas ekspor. Katanya akhir 2016 mereka kemarin ekspor ke Spanyol, sebelumnya ke USA dan beberapa negara Eropa lain nya. Ukuran dan harga juga beragam dan menurut kami sangat value for money. Alhamdulillah.. kami mendapat hadiah dari keluarga di Lombok beberapa kerajinan tersebut :).

Kerajinan Keramik Lombok

Kerajinan Keramik Lombok

Sangat layak untuk di kunjungi, terutama bagi yang ingin mendapat souvenir keramik tanah liat khas Lombok.

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player