Triandika Weblog Rotating Header Image

Sewa Mobil di Aberdeen, UK

Sewa mobil adalah salah satu opsi yang harus diambil di UK karena kita harus menggunakan mobil untuk bisa sampai ke lokasi yang dituju. Selain itu, kita juga bisa lebih hemat karena ada beberapa orang serta yang lebih penting adalah lebih fleksibel dalam mengatur jadwal. Apalagi jalanan yang nyaman dan lancar adalah ‘godaan’ untuk pengalaman mengendarai mobil di UK.

Untuk mengendarai mobil di UK, Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia bisa digunakan selama pengendara belum tinggal di UK lebih dari satu tahun. Meskipun SIM yang berbahasa Indonesia bisa diterima oleh beberapa renter (perusahaan penyewa mobil), namun lebih aman lagi untuk menggunakan SIM internasional yang dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia. SIM internasional ini tidak menggugurkan syarat satu tahun tadi, karena jika lebih dari satu tahun maka wajib menggunakan SIM UK.

Lalu, bagaimana tips menyewa mobil di UK? Well, berdasarkan pengalaman kami lebih dari tiga kali menyewa mobil ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk sewa mobil.

1. Booking online sangat disarankan, karena semua yang online lebih murah daripada offline. Tiga web teratas yang bisa dijadikan perbandingan:

www.rentalcars.com

www.carrentals.co.uk

www.economyrentals.com

Dua website teratas, kita bisa mengetahui perusahaan rental sebelum melakukan booking. Sedangkan web ketiga, setelah booking dan membayar booking fee baru bisa mengetahui renter nya. Web kedua menurut kami paling direkomendasikan karena sekaligus membandingkan beberapa web renter (termasuk web pertama) dan kita akan diarahkan ke web tersebut. Dan dalam dua sewa terakhir, saya menggunakan web kedua yang terbukti paling kompetitif.

2. Lokasi pick-up dan delivery di airport normalnya lebih murah rental rate daripada di city. Tampaknya ini karena banyak kompetisi di airport sehingga terjadi perang harga. Tapi artinya anda juga harus berhitung ongkos transport dari tempat tinggal (city) ke airport untuk pengambilan maupun pengantaran mobilnya nanti. Jangan sampai ingin berhemat tapi ternyata secara total masih murah renter di city centre.

3. Tentang daily rate yang wajar, uniknya sewa mobil ini tidak seperti pesawat yang semakin hari – H harga semakin mahal. Sistem sewa mobil lebih ke supply and demand, tergantung musim nya. Sewa jauh-jauh hari tidak menjamin dapat harga lebih murah. Dua pengalaman saya, pesan kurang dari 24 jam sebelumnya malah mendapatkan harga kurang dari £13 per hari.

4. Ada faktor insurance yang harus diperhatikan selain daily rate nya. Resiko maksimum (excess) pengendara jika terjadi kecelakaan/pencurian bertingkat-tingkat, mulai dari £1,000, £500, £100 hingga £0. Jika kita tidak mengambil insurance, normal excess adalah £1,200. Untuk mengurangi excess tersebut, dikenakan rate antara £5 – £25 per hari tergantung renter dan tingkatan excess nya. Untuk lebih nyaman dan tenang, saya cenderung memilih excess antara £100-£500 tergantung rate dari renter nya. Dan jika memungkinkan, beli insurance online karena beli insurance offline minimal harga sama atau jauh lebih mahal seperti pengalaman saya di easyrent dimana harga online £10 tapi offline £16 per hari untuk excess £500.

Ada salah satu renter yang terkenal di Aberdeen (Arnold Clark, city centre) menggunakan sistem all-in (daily rate inclusive excess £500) dengan harga yang sekitar £30 per hari. Jika menggunakan renters lain (Enterprise, Hertz, etc), harga tersebut bisa jadi terlalu mahal jika kita dapat low season, tapi juga bisa murah kalau kita di high season. Menariknya, jika melalui web ketiga diatas, harga Arnold Clark bisa lebih murah. Namun, sebaiknya menggunakan SIM Internasional jika ingin sewa di Arnold Clark.

5. Kebijakan fuel. Ada renter (contoh easyrent) yang harus membayar fuel dimuka (prepaid fuel) £30 dan kita boleh mengembalikan mobil dalam keadaan kosong. Tapi kalau kita hanya pakai sehari atau fuel tidak habis, maka ini akal-akalan renter cari untung tambahan. Sebaiknya pilih kebijakan full-to-full sehingga kita bisa nyaman mendapat dan mengembalikan mobil dalam keadaan tanki full.

6. Apakah perlu menyewa gps (sat-nav)? Jika bisa menggunakan google map, tidak perlu sat-nav dari renter karena harga sewa nya dalam hari yang lumayan. Jika tidak menggunakan Sat-Nav, waspada terhadap speed limit yang mana biasanya dicantumkan di jalan (20 mph di perumahan, 30 mph di city, 40 mph, 50 mph, dan maksimum 70 mph di highway). Mengendara aman di UK adalah yang sesuai dengan speed limit. Mengendara jauh di bawah speed limit (maksudnya hati-hati) malah tidak aman karena bisa membahayakan pengendara lain. Keuntungan sat-nav adalah kita bisa tahu posisi speed cameras dan speed limit sehingga bisa ‘menyesuaikan’ kecepatan saat melewati speed camera tersebut :).

7. Buat yang bawa anak kecil, apakah perlu menyewa baby’s/toddler’s car seat? Jika anda tidak berencana menyewa mobil karena selanjutnya akan bepergian naik pesawat setelah mengembalikan mobil ke renter di area airport, sebaiknya membeli seat khusus bayi/anak di charities shops karena harga sewa harian hampir sama atau malah lebih murah dengan harga beli plus kita bisa menggunakannya lagi nanti.

8. Apakah perlu driver cadangan? Setiap mendaftarkan driver cadangan (selain driver utama) dikenakan biaya harian juga (sekitar £10). Well, case paling buruk adalah jika terjadi kecelakaan dan driver tidak terdaftar. Namun jika aman-aman saja, gantian driver tidak akan terdetect oleh speed cameras :D.

Setelah siap semua, jika pertama kali mengendarai di UK, sebaiknya belajar singkat tentang rambu-rambu di UK. Terutama aturan di roundabout (putaran), parkir dan bus lane. Meskipun kita tidak ditilang saat itu juga, tapi camera dimana-mana yang akan mengirimkan tagihan tilang ke alamat rumah kita :). Terakhir, selalu berhati-hati dan waspada.

Similar Posts:

2 Comments

  1. kevin2 says:

    Semoga tempat makan ini jadi terkenal karena masuk blog pak Budi , Afya

  2. […] masa-masa akhir tinggal di Aberdeen, kami memutuskan untuk lebih sering rental mobil untuk memanfaatkan setahun grace period SIM Indonesia di UK. Banyak sekali rencana yang ingin […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player