Triandika Weblog Rotating Header Image

Ada yang mau Mangga muda?

Pohon mangga di depan rumah kami sangat kontinu dalam berbuah, tidak ada musim. Sepanjang tahun, kami lihat pohon itu selalu menghasilkan mangga, belum habis buah besarnya habis, sudah ada bunga lagi. Mangga perpaduan jenis apel dan manalagi, bentuknya bulat seperti apel tapi cukup besar tidak seperti mangga apel yang relatif kecil.

Saat membeli rumah Oktober 2008 pun, pohon sudah ada dan tidak tahu sejak kapan pohon itu mulai ditanam. Berikutnya adalah foto rumah Februari 2009 saat selesai bersih-bersih, pohon mangga sedikit membesar tapi tetap terlihat seperti pohon mangga biasa aja.

rumah

rumahtebu

Sebenarnya rata-rata setiap tahun ayah selalu merapikan pohon tersebut, terutama supaya tumbuhnya meninggi, karena kalau tumbuh rimbun membesar akan mengenai genteng rumah kami dan tetangga. Namun karena sejak lebaran tahun lalu karena pohon ini selalu berbuah dan berbunga, agenda potong pohon belum dilaksanakan.

Di bawah ini beberapa foto yang saya ambil hari ini, 4 tahun kemudian pohon sudah sangat membesar.

DSC00374

DSC00377

DSC00373  DSC00375

DSC00378

Foto terakhir diambil dari kamar lantai atas, menggoda bukan? Oiya, di bawah pohon mangga ini ayah dulu mengubur ari-ari Safa. Tapi kami yakin bukan karena itu pohon mangga ini berbuah kontinu :).

Lalu, bagaimana dengan rasanya? Hmm..kami sering memakan mangga rumah ini dalam bentuk rujak. Atau kalau sedang rajin dan stok gula cukup banyak, kami buat manisan mangga yang banyak disukai oleh tetangga-tetangga kami. Seumur ini belum pernah merasakan mangga matang sematang-matangnya. Setiap kami ingin membiarkan matang di pohon, mangga tidak kuat menahan beratnya dan akhirnya jatuh sendiri. Ada juga yang mangga hampir matang jatuh dengan sebagian sudah dimakan binatang.

Ini adalah pohon mangga yang cukup kentara di sepanjang jalan rumah kami, dan mungkin satu-satunya pohon dengan buah yang kontinu dan cukup banyak tersebut, sehingga banyak orang yang lewat tertarik melihatnya. Karena jalan rumah setiap hari dilewati anak sekolah SMP dan SMA, kami tiba-tiba tahu ada mangga besar dekat jalan yang hilang.  Ada juga yang jujur anak sekolah minta mangga untuk dirujak.

Jadi, ada yang mau mangga muda? Sekalian bawa bumbu rujak lebih baik.. 🙂

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player