Triandika Weblog Rotating Header Image

Safa Emira Asmoro

Nama adalah do’a. Begitulah kami akhirnya memberikan nama kepada putri pertama kami, Safa Emira Asmoro.

Safa, artinya kemuliaan, ketentraman. Safa adalah nama sebuah bukit di Tanah Arab, sebagai saksi perjuangan tak kenal menyerah ibunda Siti Hajar saat berlari-lari antara bukit Safa dan Marwah mencari air untuk bayinya yaitu Ismail. Perjuangan Siti Hajar itu diabadikan dalam rukun Haji Baitullah, semua muslim yang berhaji pasti melakukannya.

Kami berharap putri kami Safa juga mempunyai semangat bergerak dan berjuang. Musim Haji akan menjadi pengingat baginya karena nama nya selalu disebut umat muslim sedunia sebagai simbol perjuangan. Sebuah nama yang abadi untuk kebaikan.

Emira, artinya pemimpin (Amir). Kami menggunakan nama Emir (bukan Amir) dengan beberapa alasan, pertama lebih kepada estetis nama perempuan saat ditambahkan ‘e’ di depannya. Kedua, Emira mengingatkan pada Uni Emirates Arab, sebuah Negara gabungan di Arab. Negara yang maju dengan Dubai sebagai pilarnya, menjadi “queen on the desert”. Sebuah perpaduan antara Islam dan modernisasi. Alasan ketiga akan dijelaskan di bawah.

Kami berharap putri kami Safa Emira akan mempunyai jiwa pemimpin, seorang pemimpin perempuan yang kuat dan bermanfaat. Dengan semangat modernisasi yang tinggi, dan tetap dengan kepribadian Islam yang luhur. Sebuah nama yang baik untuk peradaban.

Asmoro, adalah cinta, kasih sayang. Asmoro adalah nama belakang Ayah nya. Selain arti yang diharapkan dari nama itu dan pertalian keluarga, Asmoro juga mewakili seorang Jawa. Putri kami ialah generasi masa depan, dan tetap menghargai lokalitas nya. Lokalitas yang tidak hanya mewakili Jawa atau Sunda, namun juga mewakili budaya Indonesia pada umumnya. Sebuah nama yang sederhana untuk kesahajaan.

Kami berharap putri kami Safa Emira Asmoro akan menjadi pemimpin perempuan mulia yang memberikan ketentraman dan cinta kasih dengan semangat modernisasi dan Islam untuk peradaban.

Dan akronim nama putri kami adalah SEA, yaitu laut. Ini alasan ketiga nama diatas, dan mewakili sebuah harapan yang lain seperti halnya sebuah laut. Laut itu luas dan dalam, kami berharap putri kami mempunyai hati selapang dan seluas lautan, semakin diselami semakin tampak keindahannya. Kami berharap ia juga memiliki pandangan dan pengetahuan yang luas, dengan resapan hati nurani yang dalam.

Laut itu tempat hidup berjuta biota, siklus kehidupan dari air hujan pun dimulai dari laut yang menguap. Sekalipun banyak ketidakbaikan yang diberikan manusia kepada laut, namun laut selalu setia memberikan kemanfaatan  untuk  makhluk hidup di dunia.

Siapa yang tidak menyukai pantai? Desir ombaknya, hamparan pasir putihnya, kemilau airnya membuat semua hati merindukannya. Laut adalah keindahan, keluasan tak bertepi, kedamaian dan kesahajaan. Dan kami berharap putri kami Safa Emira Asmoro (SEA) adalah laut di tengah keluarga kami dan juga di tengah masyarakat.

Nama adalah do’ a, maka kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas do’a dari bapak, ibu, teman, sahabat, rekan, dan handai taulan semua. Semoga Allah SWT mengabulkan do’a kami ini, amin.

@triandika

Similar Posts:

4 Comments

  1. dzaia-bs says:

    loh… lama nggak mampir, ternyata Pak Trian udah jadi Bapak aja…

    selamat ya Pak & Bu Trian, semoga anaknya jadi anak yg sholehah dan berbakti pada bapak-ibu nya… Amin…

    1. Trian says:

      Amin, Alhamdulillah..terima kasih Pak Jaya. Jadi kapan nyusul nih? Tempatnya jangan di Taiwan ya..hehe.

  2. Agung says:

    Wah Subhanallah namanya! Kalo diibaratkan algoritma, semua case sudah ditutup sama yang baik2, biar nggak ‘bocor’ ama yang jelek2. Nama depan,tengah, belakang, sampai inisialnya doa (plus sastra? :P) semua. Amin. Amin. Amin. Amin. Baarakallah untuk nama yang indah 🙂

  3. ppob says:

    Semoga menjadi anak sholehah yang menjadi dambaan kedua orang tua.
    berguna bagi agama dan bangsanya.
    menjadi penerus perjuangan orang tuanya

    amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player